Blog post

Membangun Rapport saat Interview Kerja

08/07/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu merasa interaksimu masih terasa kaku saat interview? Apakah kamu merasa tidak bisa membuat percakapan yang bermakna saat interview? Kendala ini dapat diatasi dengan membangun rapport saat interview. Rapport merupakan hubungan dimana kamu memahami perasaan atau gagasan satu sama lain sehingga komunikasi menjadi lebih lancar.

Saat interview, membangun rapport adalah hal yang penting agar kamu dan interviewer bisa berkomunikasi dengan nyaman. Jika dilaksanakan dengan benar, maka akan memberikan kesan yang baik pada interviewer sehingga kesempatanmu lebih besar untuk diterima dalam pekerjaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membangun rapport saat interview kerja:

1. Buat Kesan Pertama yang Baik

Kesan pertama sangat mempengaruhi interaksi kamu dengan orang baru. Hal ini berlaku terutama saat interview kerja. Kamu memiliki waktu terbatas untuk pengenalan diri. Oleh karena itu, pastikan kamu berpenampilan rapih serta menggunakan pakaian yang sesuai dengan standar perusahaan yang kamu lamar.

2. Tunjukan Rasa Ketertarikan yang Autentik

Ketika kamu melamar pekerjaan, pastikan kamu memang tertarik dengan pekerjaan tersebut sehingga kamu tidak perlu menutup-nutupi rasa ragu. Kenali perusahaan yang dilamar sebelum kamu interview dengan mencari tahu informasi sebanyak mungkin. Dengan begitu, kamu bisa menekankan hal-hal yang membuatmu cocok dengan perusahaan. Dengarkan interviewer dengan seksama serta persiapkan pertanyaan sehingga kamu bisa mengenal perusahaan lebih dalam lagi.

3. Menyesuaikan Cara Berkomunikasi

Salah satu teknik yang bisa kamu terapkan saat interview adalah teknik mirroring dimana kamu menyesuaikan cara berbicara kamu dengan interviewer seperti menyesuaikan intonasi, volume dan kecepatan berbicara yang setara dengan interviewer. Selain itu, kamu juga dapat mengulang beberapa kata yang digunakan oleh interviewer untuk menggambarkan bahwa kamu mengerti mengenai apa yang dibicarakan.

4. Tunjukan Apresiasi

Ucapan terima kasih akan lebih bermakna ketika kamu menunjukan rasa apresiasi yang tulus. Katakan kepada interviewer bahwa kamu menikmati percakapan selama interview serta mengucapkan terima kasih untuk informasi yang diberikan serta kesempatan wawancara tersebut. Jika situasi tidak memadai, ucapan ini juga dapat disampaikan melalui email

Semoga ini dapat membuatmu lebih siap untuk melakukan interview. Membangun rapport adalah hal yang penting dalam membangun hubungan apapun, seperti hubungan profesional, pertemanan, hingga hubungan romantis. Jadi, asah kemampuan ini sehingga kamu bisa lebih nyaman berkomunikasi dengan banyak orang. Bagi kamu yang ingin mempersiapkan diri dalam interview, yuk pelajari konten-konten berikut dari Klob. Semangat selalu Klobbers!

Comments (1)

  • iwan

    17/07/2020 at 4:44 pm

    Terima kasih banyak untuk artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu menambah wawasan dalam proses interview, hanya saya masih aga bingung yang dimaksud Rapport disini konteksnya apa ya?

    terima kasih

    iwan
    https://www.dokodemo-kerja.com/

Berikan Komentar

Your email address will not be published.