Blog post

Cara Mengembangkan Growth Mindset

03/07/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu percaya bahwa dengan dedikasi dan bekerja keras kamu akan mampu mempelajari keahlian baru? Jika kamu menjawab ya, maka kemungkinan kamu mempunyai growth mindset. Namun, apa yang dimaksud dengan growth mindset?

Growth mindset adalah sebuah keyakinan bahwa kemampuan dasar seseorang dapat dikembangkan dengan cara tertentu. Ini bukan berarti bahwa seseorang yang memiliki growth mindset akan selalu berhasil. Namun, orang yang memiliki pola pikir ini akan dapat menghadapi situasi yang sulit dengan lebih optimis sehingga tidak mudah frustasi atau menyerah.

Pola pikir ini penting dimiliki agar kamu tetap dapat memaknai setiap kesulitan yang kamu alami sehingga kamu lebih fokus pada pembelajaran yang kamu dapat. Tanpa growth mindset, usahamu dalam menyelesaikan masalah akan lebih sedikit atau bahkan tidak ada karena kamu sudah menyerah duluan.

Jangan sampai kamu mudah menyerah! Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengembangkan growth mindset:

1. Beranikan Diri Mengambil Resiko

Salah satu hal yang dapat membuat orang mudah menyerah adalah ketakutan membuat kesalahan. Jika kamu pernah mengalami ini, kamu tidaklah sendiri. Namun, kamu perlu menyadari bahwa tanpa berbuat kesalahan, kamu tidak dapat mendapatkan pelajaran untuk berkembang. Oleh karena itu, kamu perlu beranikan diri untuk mengambil resiko karena dengan begitu kamu tahu hal apa yang perlu kamu kembangkan dalam diri.

2. Ketahui Kekuranganmu Serta Terima dengan Lapang Dada

Semua orang memiliki kekurangan. Namun, kekurangan ini tidak harus menjadi suatu hambatan bagimu untuk mencari cara untuk berkembang. Sadarilah bahwa kekuranganmu adalah sebuah keunikan yang membedakan cara belajarmu dengan orang lain.

3. Hargai Proses daripada Hasil

Ketika hasil tidak sesuai dengan harapan, kamu akan lebih mudah untuk berpikir bahwa semua usaha kamu sia-sia. Namun, saat kamu menghargai proses, kamu akan mulai melihat bahwa ada banyak hal kecil yang kamu bisa pelajari dari proses kerjamu. Kamu akan bekerja dengan penuh kesadaran serta lebih memaknai pekerjaanmu. Dengan begitu, kamu juga akan mengetahui berbagai cara kerja yang cocok dan tidak cocok denganmu.

4. Terbuka Terhadap Masukan Orang Lain

Tujuan utama dari masukan orang lain adalah ibarat sebuah hadiah berupa petunjuk yang dapat membantumu untuk berkembang. Indikator suksesmu bisa berasal dari masukan orang lain. Jadi, janganlah menutup diri dari umpan balik yang orang lain, gunakan kesempatan ini untuk berkembang menjadi lebih baik lagi.

5. Belajar dari Orang Lain

Pengalamanmu tidak harus menjadi satu-satunya sumber pelajaran. Kamu juga bisa belajar dari keberhasilan serta kesalahan orang lain. Ketika kamu mempunyai teman yang berhasil, ini adalah sebuah kesempatan bagimu untuk merayakan kesuksesan serta belajar dari orang tersebut. Begitu pula dengan kesalahan yang dilakukan dalam proses perkembangan mereka. Kamu juga bisa belajar sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama.

6. Tidak Berhenti Belajar

Ketika kamu berada di posisi yang nyaman. Jangan sampai kamu berhenti belajar. Kamu perlu meng-explore berbagai macam hal yang bisa membuatmu bekerja lebih baik atau lebih efektif. Dengan begitu, kamu akan menemukan hal-hal baru yang bahkan dapat membuatmu lebih semangat bekerja lagi.

7. Perhatikan Cara Berkata dan Berpikir

Ketika kamu belum punya kemampuan yang cukup atau memenuhi target, jangan sampai kamu berpikir bahwa kamu tidak akan bisa mencapainya. Ingatlah kembali bahwa kata ‘belum’ tidak selalu berkonotasi negatif. Terkadang ada hal yang belum bisa kamu pelajari seutuhnya, namun ini bisa menjadi motivasi bagi kamu untuk tetap melangkah ke depan dan belajar walaupun kamu membutuhkan waktu yang lebih lama.

Semoga ini bisa membantu kamu dalam mengambangkan growth mindset sehingga kamu tetap bertumbuh serta mendapatkan pelajaran baru dimanapun kamu berada. Teruslah belajar, dan percaya bahwa kamu akan berkembang untuk mencapai cita-citamu!

Untuk mengetahui jika kamu sudah memiliki growth mindset, Klob Meter dengan Growth Center menyediakan alat tes yang bisa kamu gunakan untuk mengukur pola pikir kamu lho! Yuk ketahui pola pikir yang kamu miliki sekarang dengan Klob Meter agar kamu bisa tahu aspek mana yang perlu dikembangkan! Semangat selalu Klobbers!

Comments (1)

  • Supriadi

    20/03/2022 at 2:11 am

    Sulit untuk melawan diri sendiri bagaimana solusinya?

Berikan Komentar

Your email address will not be published.