Blog post

Tips Mencari Kerja di masa Pandemi

24/06/2020user

Hi Klobbers!

Apakah kalian sedang sibuk mencari kerja? Dunia kerja mengalami banyak perubahan dalam masa pandemi. Menurut CNBC, bekerja di kantor bisa hanya menjadi sebuah status simbol karena orang akan lebih sering bekerja di rumah. Selain itu, pertemuan akan diadakan secara virtual serta tes kesehatan sebelum masuk kerja akan menjadi norma biasa. 

Saat ini mungkin kamu melihat banyak hal yang berubah seperti bisnis mulai tutup, pemutusan hubungan kerja, atau perubahan dalam sistem rekrutmen. Perubahan di dunia kerja ini bisa membuat frustasi dan hilang harapan. Namun, kamu perlu tahu bahwa banyak juga perusahaan yang membuka lowongan baru. Selain itu banyak sarana yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan diri

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan saat mencari pekerjaan saat ini:

Kembangkan Diri
Bagi kamu yang mempunyai banyak waktu luang, kamu mempunyai banyak kesempatan mengembangkan diri sembari mencari kerja. Kamu bisa melatih kemampuanmu untuk interview, serta mengambil kelas sertifikasi untuk melengkapi CV. Sekarang banyak sarana gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar banyak hal seperti kelas gratis dari Khan Academy, latihan belajar bahasa asing dengan Duolingo, serta konten pengetahuan dari Ensiklobedia.

Biasakan Menggunakan sarana Online
Saat ini perusahaan banyak perusahaan yang semakin bergantung pada sarana online. Oleh karena itu kamu perlu memastikan bahwa kamu bisa menggunakan sarana-sarana ini dengan baik. Siapkan CV secara digital, gunakan sarana online untuk melamar kerja, serta gunakan sosial media untuk memperluas koneksi dengan orang-orang sehingga kamu bisa mendapatkan referensi pekerjaan.

Ekspektasi yang Realistis
Saat ini banyak perusahaan yang sedang dalam masa yang sulit. Agar mempunyai kesempatan lebih untuk mendapatkan pekerjaan, kamu perlu mengatur ekspektasimu. Jangan sampai kamu berharap mendapatkan gaji besar pada saat perusahaan sedang sulit secara finansial. Ketahui gaya hidup dan keinginan serta pertimbangkan kemampuan perusahaan untuk mencukupi kebutuhanmu.

Ikuti Virtual Job Fair
Virtual job fair adalah versi versi online dari job fair konvensional dimana para pencari kerja memiliki kesempatan untuk mendiskusikan kesempatan pada suatu perusahaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Sebagai salah satu sarana Online, virtual job fair akan memberikan informasi terbaru mengenai perusahaan yang sedang menyediakan lowongan kerja. Selain itu, cari juga virtual job fair yang menyediakan sarana untuk belajar mengenai dunia kerja yang sedang banyak berubah saat ini. Dengan begitu kamu juga bisa mengembangkan diri.

Semoga tips-tips ini bisa membantu kamu dalam mencari pekerjaan selama pandemi. Jangan sampai kamu frustasi mudah menyerah dalam situasi seperti ini. Kamu perlu ingat bahwa kamu mempunyai banyak kesempatan untuk mngembangkan diri beradaptasi dengan situasi saat ini.

Bagi kamu yang sedang mencari kerja, Klob sedang mengadakan Klob Fair yaitu virtual job fair yang sedang diadakan sampai tanggal 25 Juni 2020! Sudah ada lebih dari 50 perusahaan yang sudah bergabung dengan lebih dari 150 lowongan kerja yang tersedia. Jangan lewatkan juga kesempatan untuk mengembangkan diri dari sesi-sesi webinar yang ada di Klob Fair untuk membantumu semakin maju di dunia karier! Klik gambar di bawah untuk info lebih lanjut mengenai Klob Fair.

Link-to-Klob-Fair

Berikan Komentar

Your email address will not be published.