Blog post

Alasan Mengapa Magang itu Penting Sebelum Kerja

27/05/2020user

Hi Klobbers!

Bagi para siswa yang ingin masuk dunia kerja, magang sudah menjadi hal yang umum. Banyak program magang yang memang diharuskan oleh beberapa mata kuliah untuk meraih gelar. Namun, ada juga program magang yang bisa diikuti dengan kemauan sendiri. Apapun yang menjadi motivasimu, tidak bisa dipungkiri bahwa magang memang sangat berguna bagi kamu yang ingin memasuki dunia kerja.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa program magang itu penting dilakukan sebelum kerja:

1. Praktek Dunia Kerja

Selama sekolah kamu biasanya mengisi waktunya untuk belajar teori melalui buku serta pengetahuan yang diberikan guru. Saat magang, kamu akan memperkenalkan kamu dalam praktek dunia kerja.

2. Kesempatan Untuk Belajar

Magang bukan berarti kamu berhenti belajar. Kamu akan bertemu orang lain yang lebih berpengalaman dari kamu. Ini adalah kesempatan baik untuk belajar dari mereka. Kamu bisa belajar mengasah ketrampilan dari orang yang ahli, jadi jangan sampai kamu sia-siakan kesempatan ini.

3. Memperkaya Pengalaman

Salah satu hal yang penting sebagai bekal dalam perjalanan karier adalah pengalaman. Di saat magang, ada saatnya kamu bisa membuat kesalahan, ada waktunya kamu bisa mengatasi kesulitan atau mungkin pengalaman bekerja sebagai tim. Pengalaman ini akan mempersiapkan untuk masuk dunia kerja di masa depan.

4. Latihan Mengatur Waktu

Saat bekerja, kamu akan belajar bagaimana menggunakan waktu secara efektif. Waktu kerja kamu perlu digunakan secara efektif agar pekerjaan selesai sebelum deadline.

5. Memperluas Hubungan

Kamu akan berkenalan dengan orang baru saat kamu magang. Apapun latar belakang mereka, ada baiknya jika kamu menjalin hubungan baik dengan mereka secara profesional maupun personal. Ini dapat memperbesar kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan  dan juga mendapatkan teman baru.

6. Membuat CV Terlihat Lebih Baik

CV akan terlihat lebih menarik bagi perusahaan jika kamu mencantumkan pengalaman profesional di dalamnya. Ini bahkan dapat membantumu saat melamar untuk entry level job atau pekerjaan tingkat pemula. Pelamar kerja baru yang mempunyai pengalaman magang biasanya mempunyai kesempatan lebih untuk diterima dalam pekerjaan dibandingkan orang yang belum pernah magang.

7. Ketahui Bidang yang Kamu Sukai

Saat magang, kamu akan belajar mengenai hal yang kamu sukai dan kamu tidak sukai. Ini dapat memberi gambaran mengenai beberapa tipe pekerjaan yang cocok denganmu saat kamu melamar pekerjaan di masa depan.

Semoga ini dapat memotivasi kamu untuk magang sebelum bekerja. Gunakan kesempatan ini untuk belajar mengenai dunia kerja, dengan begitu kamu akan lebih siap untuk menghadapi tantangan saat bekerja.

Bagi kamu yang mau mendapatkan rekomendasi area karier serta tempat kerja yang cocok denganmu, yuk lengkapi tes pengenalan diri di Klob Meter! Selain kamu dapat mengetahui area karier yang cocok, alat tes ini juga dapat membantu perusahaan untuk mengenal kamu lebih dalam saat melamar magang melalui Klob lho! Ayo lengkapi Klob Meter sekarang!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.