Blog post

Pandemi Berbahaya yang Pernah Terjadi di Dunia

08/05/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Karena bahaya penularan COVID-19, banyak dari kita yang harus tinggal #dirumahaja. Situasi seperti ini membuat banyak orang bertanya-tanya kapan pandemi ini akan berakhir. 

Kamu perlu tahu bahwa ini bukan pertama kalinya manusia harus melewati masa pandemi. Ada beberapa pandemi berbahaya yang telah dilewati manusia di masa lalu, ini menunjukan bahwa pandemi COVID-19 juga akan mereda pada suatu saat.

Berikut ini adalah beberapa pandemi yang pernah terjadi di masa lalu:

1. Spanish Flu

Pandemi ini berlangsung pada tahun 1918. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika, Spanish Flu adalah pandemi yang paling berbahaya pada abad 20. Pandemi ini memakan korban sebanyak 50 juta jiwa di seluruh dunia dan di duga menginfeksi sepertiga populasi dunia pada saat itu.

2. Hong Kong Flu

Pandemi Hong Kong Flu diduga berawal dari Cina pada tahun 1968. Pandemi ini diperkirakan memakan 1 juta korban jiwa di seluruh dunia. Penyebaran virus ini awalnya tercatat di Hong Kong, lalu tersebar ke negara Asia lain seperti Singapura, Vietnam lalu tersebar ke seluruh dunia hingga benua Amerika dan Eropa.

3. HIV/AIDS

Human Immunodeficiency Virus atau yang dikenal dengan HIV, adalah virus yang tidak jarang terdengar sampai hari ini. Menurut World Health Organization (WHO), virus ini sudah menginfeksi sekitar 75 juta orang semenjak ditemukan pada awal tahun 1980an. Setiap orang masih dapat terinfeksi virus ini sampai sekarang, namun kemajuan ilmiah serta obat-obatan saat ini memungkinkan orang yang terinfeksi untuk hidup lebih panjang.

4. Swine Flu

Pandemi Swine Flu (Flu Babi) berlangsung selama 20 bulan pada tahun 2009. Menurut CDC, virus ini diduga menginfeksi 1.4 miliar orang serta memakan korban jiwa diantara 151,700 hingga  575,400 orang dalam setahun. Namun, penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa jumlah kematian orang yang terkena flu musiman tidak jauh berbeda dengan orang yang terinfeksi Swine Flu. Ini membuktikan bahwa Swine Flu tidak lebih mematikan daripada influenza atau flu musiman.

Masih banyak pandemi lain yang sudah dilewati manusia pada puluhan tahun yang lalu hingga berabad-abad yang lalu. Namun, pada akhirnya manusia tetap bertahan hingga sekarang.

Saat ini sangat mudah bagi kita untuk merasa khawatir karena belum ada yang tahu kapan pandemi ini berakhir. Namun, kamu perlu tahu bahwa para ahli kesehatan serta pemerintah seluruh dunia sedang berupaya keras untuk menghentikan penyebaran virus ini. Oleh karena itu, kamu tidak perlu panik. Yang penting kamu tetap menjaga kebersihan serta kesehatan.

Bagi kamu yang mau mengambil bagian dalam melawan COVID-19 di Indonesia, kamu bisa melamar lowongan pekerjaan dari Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) yang sedang berupaya menangani COVID-19 di Indonesia. Ketahui info lebih lanjut dengan mengunjungi website berikut ini:

https://www.klob.id/gsi

Stay healthy Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.