Blog post

Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja

03/03/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Upaya apa yang sudah kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus corona? Apakah kamu sudah mempunyai kebiasaan hidup yang higienis? Saat ini wabah virus corona atau yang dikenal dengan COVID-19 sedang tersebar di berbagai daerah di seluruh dunia termasuk Indonesia. Seperti terkena flu, seseorang dapat terjangkit virus corona dengan cara menghirup partikel di udara yang telah terkontaminasi. Partikel ini juga dapat tersebar di permukaan benda-benda yang dilewati banyak orang seperti meja, pegangan tangga, bangku, dan lain-lain. Tempat-tempat yang ramai biasanya rawan dengan penyebaran virus. Salah satu tempat yang rawan untuk penyebaran virus ini adalah kantor dimana kita bekerja.

Untuk meminimalisir penyebaran virus corona di tempat kerja, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan:

1. Upayakan Tempat Kerja yang Lebih Higienis

Kamu bisa membuat tempat kerja lebih higienis dengan cara membersihkan permukaan meja, serta benda-benda yang sering disentuh seperti gagang pintu dan telepon menggunakan desinfektan secara teratur.

2. Biasakan Mencuci Tangan Secara Teratur

COVID-19 dapat tersebar dengan cara menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus tersebut lalu menyentuh mata, hidung, atau mulut. Oleh karena itu kamu harus membiasakan diri mencuci tangan secara teratur dan hindari menyentuh wajah dengan tangan. Persiapkan gel antiseptik untuk pribadi jika di kantor belum tersedia.

3. Cegah Transmisi dari Saluran Pernafasan

Siapkan masker serta tissue terutama jika kamu sedang sakit. Buang sampah tisu di tempat yang tertutup untuk mencegah penyebaran virus. Jika kamu batuk-batuk atau demam, cara sederhana menghindari penyebaran virus adalah dengan istirahat atau bekerja dari rumah.

4. Persiapkan Diri Sebelum Perjalanan Dinas

Saat harus melakukan perjalanan dinas, pelajari daerah yang rawan untuk agar kamu mengetahui resiko dan dapat meminimalisir kemungkinan terinfeksi. Akan sangat penting bagi kamu untuk memastikan bahwa kamu bepergian dalam kondisi sehat. Jika perlu, siapkan gel antiseptik dalam botol kecil (dibawah 1000 ml) untuk dibawa dalam perjalanan serta hindari orang yang batuk dan bersin. Periksa kondisi tubuh dalam jangka waktu 14 hari untuk mendeteksi gejala sakit serta cek temperatur tubuh dua kali sehari.

5. Persiapkan Tempat Kerja Saat COVID-19 Berada di Komunitas

Jika COVID-19 berada di komunitas terdekat, siapkan tempat tertutup untuk memfasilitasi orang yang kemungkinan terjangkit. Batasi jumlah orang yang kontak secara fisik dengan orang sakit serta hubungi pihak kesehatan terdekat untuk ditindak lanjuti. Jika memang ada yang diduga terjangkit, lakukan tindakan ini sebagai salah satu bentuk dukungan tanpa membuat stigma atau mendiskriminasi orang tersebut.

Persiapanmu dapat berdampak besar dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Jadi, lakukan persiapan dengan kesadaran. Ingat, hal yang utama adalah jaga kesehatan dan jangan panik. Saat ini, badan kesehatan di seluruh dunia berupaya menanggulangi wabah virus COVID-19. Jika kamu butuh informasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkan dari WHO (World Health Organization) melalui situs ini:

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Stay Healthy Klobbers!

Comments (2)

  • Nurtanio Angkasa

    05/03/2020 at 12:35 pm

    Bagus nih. Jadi tahu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Cukup baik.

  • Malik

    05/03/2020 at 4:38 pm

    Selain cara di atas, pastikan juga tubuh kita dalam keadaan fit atau sehat. Karena pada intinya, tubuh akan mudah terserang mikroorganisme, baik itu bakteri maupun virus ketika kondisi tubuh kita tidak sepenuhnya sehat. Artinya, antibodi tubuh kita perlu diperkuat agar mampu menangkal adanya patogen yang datang melalui jalur manapun, termasuk saluran pernafasan. Bukan rahasia lagi jika salah satu kunci untuk memperkuat daya tahan tubuh adadalah menjaga pola makan dan memenuhi kebutuhan gizi setiap hari. Dalam kondisi saat ini, dimana dunia sedang mengalami ancama virus Corona, patut bagi kita untuk menambah asupan daya tahan tubuh, seperti mengkonsumsi vitamin atau suplemen agar dengan aktivitas yang padat sekalipun tubuh kita tetap terjaga. Jangan lupa, jaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Semoga bermanfaat, dan diberi kesehatan selalu. 😊

Berikan Komentar

Your email address will not be published.