Blog post

5 Tips Membangun Relasi untuk Sukses Bareng

19/02/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu sudah memiliki (w)inner circle? Bagaimana hubunganmu dengan orang-orang sekitarmu? Mungkin beberapa dari kamu tidak terbiasa membangun relasi dengan orang baru. Koneksi berperan besar dalam kesuksesanmu di masa depan. Koneksi yang baik bergantung pada cara kamu membangun relasi dengan orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memperhatikan cara membangun relasi.

Berikut ini adalah lima tips untuk membangun relasi agar kamu bisa sukses bareng teman di masa depan:

1. Ketahui Motivasi

Sebelum menjalin hubungan dengan siapapun, kamu harus tahu apa yang menjadi dasar dalam menjalin hubungan. Dengan mengetahui alasan tersebut, kamu bisa termotivasi untuk membangun relasi dengan orang lain. Hal-hal yang bisa jadi motivasi adalah apa saja yang bisa kamu beri kepada orang lain dan apa yang kamu bisa dapatkan dari orang lain. 

2. Jadi Diri Sendiri

Kamu perlu menjadi diri sendiri agar orang lain bisa menjadi nyaman di sekitarmu. Berlakulah sewajarnya serta berikan apa yang bisa kamu berikan kepada orang lain, tidak perlu berlebihan. Ini adalah salah satu bentuk kamu membuka diri kepada orang lain.

3. Tunjukan Ketertarikanmu

Jika kamu melihat pekerjaan atau ide yang menarik dari orang lain, tunjukkanlah ketertarikanmu. Ketika kamu menunjukan bahwa kamu tertarik, kamu akan membuka kesempatan untuk bekerja sama.

4. Siap Membantu

Usahakan untuk selalu bertanya “apa yang bisa dibantu?” di saat kamu bisa membantu. Percayalah jika kamu berusaha membantu orang lain, orang lain akan berusaha membantu kamu. Dengan saling menolong, hubungan kalian bisa menjadi sebuah hubungan timbal balik.

5. Jaga Silaturahmi

Jika kamu ingin membangun relasi, kamu perlu menjaga silaturahmi dengan orang banyak. Artinya ini berlaku untuk siapa saja seperti keluarga, teman dekat, dan lain-lain. Jika sudah lama tidak bertemu dengan teman lama, kamu bisa luangkan waktu untuk bertemu agar hubungan kalian tidak terputus begitu saja.

Semoga ini bisa membantu kamu dalam membangun relasi bersama orang lain. Luasnya koneksimu berpengaruh terhadap kesuksesanmu di masa depan. Jadi, tetaplah menjadi diri sendiri serta murah hati dalam memberi bantuan agar kamu bisa sukses bareng bersama teman-temanmu. Jangan lupa, ajak teman sebanyak banyaknya untuk mengetahui potensi diri dan gaya interaksi masing-masing dengan Klob Meter sehingga kalian bisa membantu satu sama lain. Semangat selalu Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.