Blog post

Tips Membangun (W)inner Circle untuk Sukses Bareng

14/01/2020Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Sudahkah kamu membuat resolusi tahun baru? Bagi kamu yang masih bingung membuat resolusi baru, kamu bisa memulai dengan membangun (W)inner Circle. Apa yang dimaksud dengan (W)inner Circle? Ini adalah sebuah kelompok kecil (inner circle) dimana orang-orang di dalam kelompok tersebut saling membantu satu sama lain untuk mencapai kesuksesan. (W)inner Circle tidak harus terdiri dari teman dekat kamu, mereka bisa saja orang-orang yang kamu kenal yang mempunyai intensi baik.

Salah satu orang yang berhasil mendirikan (W)inner Circle adalah Raden Mas Dira. Sebagai seorang digital strategist dan consultant, Mas Dira menempuh perjalanan kariernya dengan mengandalkan (W)inner Circle-nya. Berawal dari nongkrong dan bercengkrama, Mas Dira bisa mendapatkan tawaran untuk menjadi dosen, serta bekerja di bank. Selain itu, ia juga mendirikan Teater Jangkar yaitu kelompok pentas seni melalui pertemanannya. Intinya, (W)inner Circle yang didirikan Mas Dira berkontribusi besar dalam meraih pencapaian kariernya.

Bagi kamu yang ingin membangun (W)inner Circle, Mas Dira mempunyai beberapa tips buat kamu:

1. Mengenal Diri Sendiri

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun (W)inner Circle adalah mengenal diri sendiri. Artinya, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan kamu. Selain itu kamu juga bisa bertanya mengenai pendapat orang lain tentang diri kamu. Namun pastikan orang ditanya dapat dipercaya untuk memberikan pendapat yang objektif. Dengan begitu, kamu dapat mencari orang-orang yang memiliki kecocokan dengan kamu untuk diajak bekerja sama.

2. Berani Keluar dari Zona Nyaman

Untuk bertemu dengan sekelompok orang yang cocok denganmu, ada baiknya kamu keluar dari zona nyaman. Kamu harus berani untuk bertemu dengan orang baru dan mencari orang yang cocok. Ada kalanya teman di sekitar kamu tidak cocok untuk menjadi (W)inner Circle. Jika ini kejadiannya, maka kamu memang harus mencari orang yang cocok dengan kamu. Ini bukan berarti kamu harus memutuskan hubungan pertemanan yang ada. Kamu hanya butuh orang baru yang cocok untuk masuk ke dalam (W)inner Circle kamu.

3. Nyambung

Ciri-ciri orang yang cocok untuk dijadikan (W)inner Circle adalah memiliki kompatibilitas secara inteligensi dan emosional. Artinya, saat ngobrol topik yang kalian bicarakan harus nyambung. Selain itu, kalian juga sebaiknya memiliki ketertarikan pada bidang yang sama dan juga goal yang sama. Dengan begitu kalian dapat mengetahui kebutuhan satu sama lain dan membuka kesempatan bagi kalian untuk bekerja sama.

4. Punya Tujuan yang Baik

Hal penting yang harus kamu miliki dalam membangun (W)inner Circle adalah tujuan atau maksud yang baik. (W)inner Circle dibentuk untuk agar orang-orang didalamnya saling membangun, bukan untuk saling menjatuhkan. Dengan adanya tujuan baik, kamu akan lebih pengertian dan juga lebih mudah menunjukan kebaikan kepada satu sama lain.

Semoga ini dapat membantu kamu dalam membangun (W)inner Circle bersama orang-orang sekitarmu sehingga bisa sukses bareng. Bagi kamu yang ingin belajar dari Raden Mas Dira mengenai (W)inner Circle, jangan lewatkan videonya di YouTube Channel Klob. Selamat Belajar Klobbers!

Comments (1)

  • M. Eko Cahyono

    01/10/2021 at 9:56 pm

    Hi kak perkenalkan Nama saya Eko

    Numpang tinggal jejak ya…

Berikan Komentar

Your email address will not be published.