Blog post

Tips Membuat Resolusi Tahun Baru

31/12/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu bersemangat menyambut tahun baru? Menjelang ganti tahun, kamu harus memiliki harapan kedepan agar selalu berkembang dan menjadi lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan menyusun resolusi tahun baru. Ini akan membantu dalam memberikan petunjuk mengenai hal-hal apa yang kamu ingin kembangkan.

Bagi kamu yang ingin membuat resolusi tahun baru, Klob akan membantumu dengan memberikan beberapa tips untuk membuat resolusi tahun baru kamu lebih maksimal:

1. Introspeksi Diri Sebelum Memulai

Hal yang perlu dilakukan sebelum membuat resolusi baru adalah melakukan introspeksi diri. Saat introspeksi diri, kamu bisa mengingat kembali pencapaian kamu untuk disyukuri. Selain itu kamu bisa mulai mencoba merenungkan hal-hal yang ingin kamu kembangkan sebagai referensi untuk resolusi kamu.

2. Buat Resolusi yang Detail

Agar mudah dikerjakan, buatlah goal yang detail untuk resolusi kamu. Contohnya jika kamu ingin lebih ahli dalam bidang fotografi, jabarkan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mencapai goal tersebut seperti menentukan kelas apa yang akan kamu ambil, kapan dan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk latihan, serta perangkat apa saja yang butuh dibeli.

3. Realistis atau Dapat Dicapai

Buatlah resolusi yang realistis dan masuk akal. Artinya resolusi kamu harus bisa dikerjakan dalam waktu setahun. Jika kamu membuat resolusi yang sulit dicapai, kamu bisa kewalahan dalam melakukannya. Alhasil kamu akan lebih mudah frustasi dan putus asa.

4. Sesuai dengan Diri Kamu

Buatlah resolusi yang sesuai dengan karakter dan juga kemampuan kamu. Misalnya, jika kamu ingin menulis cerpen namun kamu lebih senang menggambar, mungkin kamu lebih cocok membuat komik. Jika kamu ingin berolahraga namun tidak suka di tempat yang tertutup, lakukanlah olahraga outdoor seperti bersepeda atau lari.

5. Ceritakan kepada Orang Lain

Setelah kamu membuat resolusi, kamu bisa menceritakan resolusi ini kepada orang lain. Dengan begitu kamu membuka kemungkinan untuk mendapatkan dukungan dari orang lain. Mungkin orang-orang yang tahu resolusi kamu bisa membantu dengan memberikan rekomendasi atau mengenalkan kamu dengan orang yang bisa membantu kamu dalam mencapai goal.

Ayo mulai bikin resolusi tahun baru. Ingat kamu akan lebih mudah mencapai goals jika kamu mengenal potensi diri serta mendapatkan dukungan dari orang lain. Bagi yang ingin mengetahui potensi diri, Klob dapat membantumu dengan alat-alat tes yang tersedia di Klob Meter! Semoga ini bisa berguna dalam menyusun resolusi tahun baru! Selamat Mencoba Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.