Blog post

Tiga Keahlian yang Dibutuhkan Seorang Stand-up Comedian

05/11/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu menyukai humor, sering bercanda, atau melihat hal lucu dalam kehidupan sehari-hari? Jika iya, kamu mungkin cocok untuk masuk ke dunia stand-up comedy! Stand-up comedy adalah sebuah pertunjukan dimana seorang komedian berbicara di depan orang banyak secara langsung. Bentuk komedi ini disenangi banyak orang karena bahan yang digunakan berasal dari kehidupan sehari-hari. Salah satu stand-up comedian yang sedang berkiprah di tanah air adalah Kak Adriano Qalbi. Ia juga salah satu anggota dari grup kelompok komedian Majelis Lucu Indonesia.

Menurut Kak Adriano yang dikenal juga sebagai Kak Adri, ada tiga keahlian yang dibutuhkan seorang stand-up comedian. Yuk kita gali tiga keahlian tersebut!

1. Observation Skill

Jika kamu adalah orang yang memiliki observation skill, maka kamu akan sangat cocok untuk menjadi stand-up comedian. Mengapa demikian? Melakukan observasi akan membuka kesempatan untuk melihat situasi dari mata ketiga dan menangkap kekonyolan terutama di dalam situasi sehari hari. Kamu bisa mulai dengan melihat kebiasaan yang kamu atau orang lain lakukan, contohnya saat berkumpul bersama keluarga besar, bekerja, atau saat menghabiskan waktu dengan kerabat. Hal yang kamu temukan lucu, bisa dikembangkan untuk menjadi bahan lelucon saat melakukan stand-up comedy.

2. Tahan Banting

Stand-up comedian harus tahan banting lho! Artinya, kamu harus bisa menghadapi situasi dimana lelucon kamu tidak dianggap lucu. Kak Adri bahkan berkata bahwa hal seperti ini akan sering terjadi. Walau ada rasa kesal, janganlah berkecil hati! Menurut Kak Adri jika kamu sangat senang dengan komedi, maka kamu tidak akan mudah menyerah.

3. Senang dengan Kelucuan

Jika kamu senang dengan kelucuan, maka secara konsisten kamu akan mengembangkan selera humor dan akan selalu mencari hal yang bisa dijadikan sebagai materi lelucon. Menurut Kak Adri, ini mirip dengan seorang penulis cerita. Orang yang menulis cerita dapat mengembangkan aspek drama dalam cerita yang dibuat. Sama halnya dengan seorang komedian, kamu harus dapat menonjolkan sisi humor dari kehidupan sehari-hari yang dianggap biasa oleh banyak orang.

Semoga ini dapat berguna bagi kamu yang ingin masuk ke dalam dunia stand-up comedy. Bereksperimen dalam membuat bahan stand-up comedy adalah hal yang biasa, jadi jangan menyerah jika bahan yang kamu buat tidak membuat orang tertawa. Yang penting kamu tetap mencoba dan pantang menyerah! Untuk belajar lebih lanjut mengenai dunia stand-up comedy, ayo cek video Klob Talk di YouTube Channel Klob. Semangat selalu ya Klobbers!

Comments (1)

  • liliek

    09/08/2020 at 12:37 pm

    ilmu ini kayaknya bisa juga dipakai untuk menulis artikel atau ngeblog bertema humor

Berikan Komentar

Your email address will not be published.