Blog post

Tips Memulai Podcast ala Mizter Popo

17/10/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Saat ini, ada berbagai macam bentuk media. Ada yang berbentuk video, audio, dan juga tertulis. Salah satu media yang sedang naik daun saat ini adalah podcast, yaitu serial audio yang bisa diunduh ke dalam alat elektronik. Media ini menjadi populer karena dapat diakses dengan mudah oleh para pendengarnya sambil melakukan aktivitas sehari-hari. Menurut salah satu content creator podcast ternama, Rizky Ardi Nugroho atau yang dikenal sebagai Mizter Popo, podcast memiliki potensi untuk menjadi sangat populer di Indonesia.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat konten untuk podcast, Mizter Popo mempunyai beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

1. Sekarang adalah Waktu yang Tepat Untuk Memulai

Bagi kamu yang ingin bergabung ke dalam dunia podcast, sekarang adalah waktu yang tepat, karena kontennya belum beragam dan belum banyak orang yang membuatnya. Selain itu, sistem monetize akan dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar. Artinya dalam waktu dekat ini, podcast akan bisa diuangkan seperti platform media lain. Menurut Mizter Popo, setelah sistem ini dijalankan, pasti akan banyak orang yang mulai membuat konten untuk podcast karena ini bisa menjadi salah satu sumber pemasukan. Jadi, kamu tidak usah ragu untuk memulai ya Klobbers!

2. Tidak Perlu Perangkat Mahal

Saat Mizter Popo memulai podcast, perangkat yang ia pergunakan hanyalah smartphone. Jika kamu mempunyai modal lebih, kamu boleh membeli perangkat yang lebih bagus. Bagi kamu yang memulai dengan menggunakan smartphone, kamu bisa menambahkan efek suara melalui aplikasi anchor yang bisa di unduh di Google Playstore atau App Store.

3. Content Is a King

Hal terpenting yang dapat menarik pendengar adalah konten. “Content is a king” kata Mizter Popo. Artinya kamu harus memperhatikan konten kamu. Kamu boleh membuat konten dengan durasi yang pendek maupun panjang, tidak ada patokan waktu untuk konten yang kamu buat. Yang penting kamu memperhatikan hal yang kamu sampaikan dalam 30 detik atau menit pertama. Kamu harus memberikan penjelasan konten kamu dengan baik pada menit pertama agar pendengar kamu mengerti tentang yang akan kamu sampaikan. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu menggunakan bahasa yang bisa dimengerti oleh orang banyak. Jika konten kamu tidak dapat dimengerti, kamu tidak dapat menarik banyak pendengar.

4. Amati, Tiru, Modifikasi

Jika kamu ingin membuat konten podcast, kamu bisa memulai dengan mengamati, meniru, dan modifikasi konten yang sudah ada. Amati konten podcast favorit kamu. Setelah mengamati, kamu bisa meniru formula yang ada di dalam konten tersebut. Kamu harus bisa meniru agar kamu tidak membuat konten dengan asal atau seenaknya. Tirulah konten yang menurut kamu baik. Nah, kamu tidak boleh berhenti sampai disitu, jika kamu hanya meniru formula konten yang sudah ada, konten kamu tidak akan menarik. Jadi, kamu harus melakukan modifikasi sekreatif mungkin. Contohnya jika kamu ingin membuat konten horor, kamu harus bisa membedakan cara kamu bercerita. Apakah menggunakan dramatisasi, perbincangan atau talk show, atau monolog? Disini kamu bisa banyak eksperimen untuk menentukan formula konten yang paling menarik untuk didengar.

Semoga tips ini bisa membantu kamu memulai konten podcast. Untuk mempelajari lebih lanjut, yuk simak KlobTalk bersama Mizter Popo di Youtube Channel Klob.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.