Blog post

Tips Negosiasi Gaji

01/10/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Gaji adalah salah satu faktor penting dalam pekerjaan. Walaupun mendapatkan gaji bukanlah satu-satunya tujuan untuk bekerja, gaji memiliki pengaruh dalam kelangsungan hidup dan gaya hidup kita sehari-hari. Oleh karena itu, kamu sebaiknya melakukan negosiasi gaji untuk memperoleh gaji yang sesuai denganmu.

Mungkin ada beberapa dari kamu masih belum tahu cara menentukan gaji yang sesuai dengan kamu. Berikut ini adalah tips sederhana dari Klob yang bisa membantu kamu dalam negosiasi gaji saat interview kerja:

1. Lakukan Riset Gaji

Bagi kamu yang belum memiliki pengalaman kerja, sebaiknya kamu mencari tahu berapa besar jumlah UMR di daerah kamu karena ini standar yang telah ditentukan oleh pemerintah. Ini bisa dijadikan referensi besarnya gaji yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan riset gaji untuk bidang pekerjaan yang kamu minati berdasarkan badan riset yang terpercaya.

2. Tentukan Gaji Sesuai dengan Kemampuan Kerja

Dalam hal ini, kamu harus mengenal kemampuan diri kamu sendiri. Dengan begitu kamu akan memiliki percaya diri untuk bernegosiasi. Kemampuan akan menjadi alasan untuk besarnya gaji yang diinginkan. Ini bisa berupa keahlian yang kamu punya atau juga dampak apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan. Jika kamu memang ingin digaji dengan nilai yang tinggi, pastikan alasannya sepadan dengan nilai tersebut. Jangan sampai kamu serakah dan meminta jumlah gaji yang tidak masuk akal.

3. Jadikan Besar Gaji Pekerjaan yang Lalu sebagai Standar

Bagi kamu yang sudah mempunyai pengalaman kerja, kamu bisa menggunakan gaji pekerjaan sebelumnya sebagai standar gaji yang kamu inginkan. Namun jika kamu merasa bahwa kamu telah berkembang dan mempunyai nilai atau kemampuan yang lebih, kamu boleh meminta gaji yang lebih besar asalkan jumlahnya masuk akal.

4. Jangan Terpaku kepada Gaji yang Diinginkan

Ada saatnya perusahaan tidak setuju dengan jumlah gaji yang kamu minta. Alhasil kamu harus bersepakat untuk menurunkan jumlah gaji yang kamu inginkan. Kamu tidak perlu berkecil hati. Ambil kesempatan kerja tersebut jika kamu mementingkan pengalaman bekerja selama kamu tidak dirugikan. Justru ini adalah kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kamu dalam bekerja.

Semoga tips sederhana ini bisa membantu kamu dalam negosiasi gaji. Jangan lupa, kenali kemampuan kamu dalam bekerja agar kamu bisa menjadi lebih percaya diri dalam melakukan negosiasi gaji. Good luck klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.