Blog post

Tips untuk Menghemat Gaji

24/09/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu sering merasa galau karena uang kamu habis sebelum waktunya? Mungkin beberapa dari kamu ingin menabung untuk hal-hal yang menurut kamu penting seperti, membangun bisnis, traveling, lanjut sekolah, atau untuk pengembangan diri. Untuk apa pun itu, mengatur uang membutuhkan kedisiplinan dan konsistensi. Nah, kamu tidak perlu khawatir Klobbers, tips berikut akan membantu kamu untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan sehingga kamu bisa lebih hemat.

Untuk dapat hidup lebih hemat dengan gaji kamu, yuk simak tips berikut:

1. Melatih Pola Pikir Hemat

Saat memulai kebiasaan baru, hal penting yang harus diubah adalah pola pikir. Untuk menghemat, pola pikir yang baik adalah pemikiran hidup secukupnya. Artinya, kamu harus memberikan prioritas untuk hal-hal yang memang kamu butuhkan. Contohnya, jika kamu mau membeli smartphone sebaiknya kamu membeli smartphone dengan fitur yang sesuai dan harga yang terjangkau. Kamu tidak usah membeli smartphone dengan fitur yang tidak kamu butuhkan. Akan lebih baik jika uang tabungan kamu lebih banyak dibandingkan hanya mempunyai barang mewah. Pastikan kamu lebih memprioritaskan kebutuhan, bukan keinginan.

2. Sisihkan Anggaran

Untuk hidup hemat, kamu juga sebaiknya membiasakan diri untuk menyisihkan anggaran setiap bulan. Kamu juga bisa menghitung jumlah uang yang bisa kamu keluarkan setiap hari. Ini akan membantu kamu agar kamu lebih bijak dalam memilih barang yang kamu beli sehari-hari.

3. Bangun Kebiasaan Menghemat yang Sederhana

Ada beberapa kebiasaan kecil yang bisa kamu lakukan untuk menghemat. Contohnya seperti membawa bekal dari rumah, membawa botol minum sendiri, dan hanya membeli makanan ringan yang mengenyangkan. Ini akan membantu kamu meringankan pengeluaran kamu sehari-hari.

4. Pastikan Tabungan Utama Tidak Terpakai

Agar pengeluaran dapat terkontrol, sebaiknya kamu langsung memasukkan tabungan ke dalam akun bank yang aman. Jika perlu, kamu masukan uang tersebut ke dalam akun tabungan yang tidak bisa kamu gunakan secara langsung. Ini akan membantu kamu untuk mengontrol diri agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan.

Semoga tips ini dapat membantu kamu untuk menghemat gaji. Jika kamu disiplin dalam menerapkan tips tersebut, tabungan kamu akan semakin banyak. Selain itu, mengembangkan kebiasaan ini juga membutuhkan waktu dan konsistensi. Jadi, jangan mudah menyerah ya Klobbers! Selamat menabung!

Comments (1)

  • Kadiran

    15/10/2019 at 11:20 am

    saya lebih tertarik dengan trik bagaimana supaya gaji besar daripada cara menghemat gaji.
    kareana apa: Gaji kecil sudah biasa bagaimana caranya untuk mengaturnya dan terbukti sampai saat ini masih bisa hidup. Nah pasti kebanyakan orang lebih tertarik bagaimana supaya gaji besar.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.