Blog post

Tips agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

12/09/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus? Mendapatkan pekerjaan bukanlah sesuatu yang mudah. Kamu harus mencari pekerjaan yang disenangi. Selain itu, kamu juga butuh persiapan yang matang. Proses ini membutuhkan sumber informasi yang luas dan juga kegigihan. Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan agar proses mencari pekerjaan berjalan dengan cepat dan lancar.

Tips berikut ini dapat membantu kamu agar cepat mendapatkan pekerjaan:

1. Bangun Koneksi Pertemanan yang Luas

Bagi kamu yang masih sekolah atau kuliah, kamu mempunyai banyak wadah untuk memperluas koneksi pertemanan. Kamu memiliki kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang banyak dengan cara bergabung dengan komunitas yang kamu sukai. Komunitas itu bisa berupa komunitas hobi, kelompok belajar bersama dan komunitas lainnya. Walaupun kamu sudah bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut, bukan berarti pertemanan kamu hanya terbatas pada komunitas itu saja, lho. Kamu juga bisa bergabung di komunitas yang belum pernah kamu ikuti. Dari komunitas tersebut, kamu bisa mendapatkan teman baru dan belajar tentang hal-hal yang baru. Ingat Klobbers, koneksi yang luas juga akan mempercepat pencarian kerja karena kamu bisa mendapatkan informasi atau referral tentang pekerjaan dari teman-teman kamu.

2. Jaga Image Kamu di Media Sosial

Di dunia yang semakin digital, hampir semua orang memiliki akun sosial media. Namun, jika tidak diperhatikan, media sosial bisa memberi dampak buruk dalam proses perekrutan karyawan. Kamu harus bertanggung jawab atas apa yang kamu posting di sosial media. Ini dikarenakan bahwa ada kemungkinan recruiter mencari tahu kepribadian kandidat melalui media sosial. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu posting konten di media sosial dengan bijak. Jangan sampai konten yang kamu posting memberikan dampak atau gambaran negatif pada diri kamu atau orang lain.

3. Buat CV yang Sederhana

Pada saat melamar pekerjaan, recruiter akan melakukan seleksi berdasarkan CV yang telah dikumpulkan. Semakin banyak kandidat yang mendaftar, semakin banyak pula CV yang harus di seleksi. Melakukan seleksi banyak CV bukan hal yang mudah, jadi kamu harus pastikan bahwa CV kamu lebih menonjol dibandingkan yang lain. Salah satu caranya adalah dengan membuat CV tersebut lebih sederhana. Artinya kamu harus mencantumkan informasi yang penting dengan ringkas. Kamu tidak perlu mencantumkan semua pengalaman kerja atau organisasi kamu. Cantumkanlah pengalaman dan prestasi kamu yang relevan dengan bidang pekerjaan yang ingin kamu lamar. Ini akan mempermudah para recruiter untuk melakukan seleksi menggunakan informasi yang singkat dan jelas.

Semoga tips ini dapat membantu mempercepat proses pencarian kerja kamu ya! Jangan lupa, profil Klob kamu bisa diunduh sebagai CV, lho. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi profil kamu di Klob.id! Good luck Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.