Blog post

Fakta Unik Tentang Bahasa Isyarat

05/09/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kalian tahu bahwa bahasa isyarat sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari? Terkadang kita berbicara dengan orang lain menggunakan gerakan tubuh. Menurut seorang penerjemah bahasa isyarat, Kak Pandu Wicaksono, gerakan tubuh adalah salah satu bentuk dari bahasa isyarat. Mau tahu fakta lainnya tentang bahasa isyarat? Yuk baca fakta-faktanya di bawah ini! Ayo, kita kenali lebih lanjut tentang fakta-fakta bahasa isyarat:  

1. Bahasa utama teman-teman tunarungu

Gerakan tubuh merupakan metode utama untuk berkomunikasi dalam bahasa isyarat, sehingga metode ini dapat dimanfaatkan secara efektif oleh teman-teman tunarungu karena tidak mengharuskan seseorang untuk mendengar atau berbicara. Meskipun demikian, ada juga teman-teman tunarungu yang memilih untuk berkomunikasi melalui tulisan. Yang penting kalian jangan takut bertanya tentang preferensi metode komunikasi orang tersebut.

2. Sebaiknya diajarkan oleh teman-teman tunarungu

Nah, untuk yang ingin belajar bahasa isyarat, Kak Pandu menyarankan kamu untuk belajar langsung dari teman-teman tunarungu. Ini dikarenakan bahasa isyarat selalu berkembang dan berubah-ubah. Jadi, siapa lagi orang yang paling memenuhi syarat untuk mengajar selain pengguna utama bahasa tersebut.

3. Berbeda di setiap daerah

Bahasa isyarat tidak hanya berbeda dari satu negara ke negara lain. Di Indonesia sendiri, setiap daerah memiliki bahasa isyarat yang berbeda-beda. Selain itu ada bahasa isyarat yang disediakan oleh pemerintah yaitu SIBI dan BISINDO.

4. Bahasa isyarat adalah bahasa yang berkembang

Menurut kak pandu, ada bahasa isyarat adalah bahasa yang berkembang. Ini mungkin dikarenakan oleh preferensi orang yang berubah dalam menggunakan kata tertentu. Walaupun begitu, ini bukan berarti bahasa isyarat akan berubah secara keseluruhan. Seperti bahasa lain, ada beberapa kata yang akan berubah seiring berjalannya waktu.

5. Ekspresi adalah bagian dari bahasa isyarat

Ada beberapa hal yang tidak bisa digambarkan oleh bahasa isyarat. Jadi untuk mempermudah pengertian, terkadang pengguna bahasa harus menggunakan ekspresi untuk menyampaikan arti tertentu. Contohnya, jika seseorang mau bertanya ia akan menaikan alis saat menyampaikan suatu pertanyaan dalam bahasa isyarat.

Nah ini adalah beberapa fakta tentang bahasa isyarat. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang serunya belajar bahasa isyarat, yuk cek YouTube Channel Klob! Disana Kak Pandu akan membahas lebih dalam tentang belajar bahasa isyarat. Jangan sampai ketinggalan ya Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.