Blog post

Tips Percaya Diri ala Double Difable

29/08/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Membangun percaya diri merupakan hal yang penting. Semua orang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, terkadang orang terlalu fokus pada kekurangan yang dimilikinya. Tanpa disadari, ini bisa menimbulkan dampak buruk dalam kehidupan orang tersebut.

Kita dapat belajar banyak tentang percaya diri dari Kak Fanny Evrita dan Kak Nicky Clara, duo tuna daksa sukses yang menginspirasi banyak orang melalui channel YouTube mereka, Double Difable, dibuat untuk mendorong terciptanya lingkungan inklusi di Indonesia.

Kak Fanny lahir dan besar di Pontianak. Ia pernah mengalami diskriminasi di tempat kerja dikarenakan disabilitas yang dimilikinya. Namun ini tidak membuatnya berhenti untuk melanjutkan kariernya. Hal tersebut justru membangun keberaniannya untuk merantau ke Jakarta pada tahun 2015. Saat ini Kak Fanny bekerja di Thisable Enterprise sebagai Talent Acquisition untuk membantu teman-teman disabilitas mendapatkan pekerjaan yang cocok dengan diri mereka.

Kak Nicky Lahir dan besar di Jakarta. Semenjak almarhum ayah meninggal, Kak Nicky membiasakan dirinya untuk hidup mandiri, di mana ia harus membayar kuliah untuk dirinya sendiri. Kak Nicky memulai pertemanan dengan Kak Fanny saat bekerja bersama di Thisable Enterprise. Saat ini Kak Nicky bekerja di Tenoon, sebuah perusahaan sosial yang memberdayakan wanita penenun dan teman-teman disabilitas untuk memproduksi berbagai produk tenun.

Pengalaman Kak Fanny dan Kak Nicky membuktikan bahwa mereka masih dapat mencapai kesuksesan walaupun memiliki kekurangan pada diri masing-masing. Salah satu kunci dari kesuksesan itu adalah percaya diri. Yuk kita pelajari beberapa tips dari Kak Fanny dan Kak Nicky untuk membangun percaya diri.

1. Berdamai dengan diri sendiri

Kak Fanny dan Kak Nicky percaya bahwa membangun rasa percaya diri adalah sebuah proses yang harus dijalani. Salah satu langkah dalam proses itu adalah menerima diri sendiri. Saat kita introspeksi diri, kita akan sadar bahwa kita mempunyai kekurangan dan kelebihan. Namun, kita harus ingat bahwa kekurangan yang kita miliki tidak akan membuat nilai dari diri kita berkurang.

2. Cari kelebihan diri sendiri

Kak Nicky mempunyai pandangan bahwa saat kita mempunyai kekurangan, kita juga harus mencari kelebihan-kelebihan lain di dalam diri kita. Salah satu tantangan yang dihadapi Kak Nicky saat bekerja adalah membuat orang lain melihat dirinya bukan dari kekurangan, namun dari bagaimana ia bekerja dan kontribusi yang bisa ia lakukan. Jadi, sangat berguna bagi kita untuk mengetahui kelebihan yang ada dalam diri sendiri.

3. Jangan membandingkan diri kamu dengan orang lain

Menurut Kak Fanny, kita boleh saja terinspirasi oleh orang lain. Namun, kita harus nyaman dengan diri kita sendiri. Kita tidak bisa meniru orang lain secara keseluruhan karena pada dasarnya semua orang berbeda-beda. Artinya, kita juga akan melalui proses yang berbeda-beda. Yang penting adalah harus nyaman dengan pilihan kita sendiri, jangan sampai kita menekan diri sendiri untuk meniru orang lain atau melakukan hal yang tidak nyaman.

Semoga tips-tips ini bisa membantu Klobbers untuk membangun percaya diri. Untuk belajar membangun percaya diri dan terus berkarier dengan disabilitas, yuk cek Klobtalk dengan Kak Fanny dan Kak Nicky di Channel YouTube Klob! Semangat terus ya Klobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.