Blog post

Menjadi Seorang Programmer di Indonesia

08/08/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Zaman sekarang, perusahaan mana yang tidak butuh programmer? Semua perusahaan berkembang harus masuk ke dalam dunia digital untuk mempermudah akses kepada para konsumer. Disini lah programmer berperan sangat penting di dalam sebuah perusahaan.

Menurut Kak Amanda Simanjuntak, Chief of Evolution dari Impact Byte Coding Bootcamp, programmer adalah seseorang yang memberikan instruksi kepada Komputer. Pada dasarnya, komputer adalah benda mati yang tidak mampu berbuat apa-apa dengan sendirinya. Agar komputer dapat melakukan hal yang kita inginkan, komputer harus diberikan coding yang berupa instruksi dari programmer.

Kebutuhan Programmer di Indonesia

Di dunia yang semakin digital, Indonesia memiliki target untuk menjadi negara ekonomi digital. Oleh sebab itu kebutuhan akan programmer semakin meningkat. Indonesia butuh programmer yang kompeten. Walaupun banyak orang yang belajar di bidang teknologi informatika, hanya 56% yang bisa masuk ke dalam dunia kerja. Mengapa demikian? Ini dikarenakan kualitas pendidikan untuk programmer tidak mampu menunjang para programmer untuk langsung terjun ke dalam dunia kerja. Menurut Kak Amanda, kurikulum pendidikan di Indonesia tidak menjawab kebutuhan industri teknologi di Indonesia. Industri teknologi selalu berkembang setiap saat. Bahasa pemrograman baru bisa muncul setiap bulannya. Ini akan mempersulit para programmer yang belum pernah masuk ke dalam lapangan kerja sebelumnya. Oleh karena itu, edukasi sebaiknya diberikan oleh orang yang memiliki pengalaman kerja, bukan oleh orang yang hanya tahu tentang pogramming.

Menjadi Seorang Programmer

Tidak ada kata terlambat untuk belajar menjadi seorang programmer. Setiap orang dari segala latar belakang mempunyai kesempatan belajar yang sama untuk menjadi seorang programmer. Dengan Indonesia yang mempunyai target dalam ekonomi digital, ini menjadi kesempatan yang semakin baik untuk mulai belajar coding.

Berikut ini adalah beberapa tips yang berguna jika kamu mau memulai belajar menjadi seorang programmer.

1. Mulai mempelajari dasar-dasar programming

Banyak sekali sumber pembelajaran online yang bisa kamu pelajari. Ini sangat lah berguna bagi kamu yang baru mau mulai belajar karena banyak dari sumber pembelajaran ini dapat kamu akses dengan gratis. Namun, kamu sebaiknya memilah sumber pembelajaran sehingga jangan sampai kamu belajar secara sporadis atau tidak terstruktur. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mencari sumber pembelajaran online yang terpercaya.

2. Memiliki niat untuk belajar

Niat yang besar adalah bekal penting untuk seorang programmer karena ini akan menentukan upaya untuk belajar mulai dari belajar sendiri maupun bergabung dengan coding bootcamp seperti Impact Byte. Namun yang lebih penting lagi adalah belajar dengan objektif untuk langsung terjun ke dunia kerja.

3. Banyak Berlatih

Coding adalah 20% teori dan 80% praktik. Kemampuan untuk belajar secara mandiri sangat dibutuhkan oleh programmer karena banyak pembelajaran yang harus di telusuri sendiri. Disiplin berlatih akan menentukan kesuksesan kamu menjadi seorang programmer.

Yuk mulai belajar coding! Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai belajar. Kamu tidak perlu mempunyai latar belakang IT untuk belajar menjadi programmer. Sekarang semakin mudah bagi kita untuk mendapatkan akses pembelajaran online untuk belajar menjadi programmer. Jadi, jangan lah ragu untuk memulai! Untuk belajar lebih dalam tentang menjadi seorang programmer, cek YouTube Channel Klob!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.