Blog post

Cara Mengetahui Minat Kerja Kamu

25/07/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu masih bingung akan minat kerja kamu? Apakah kamu mempunyai minat kerja yang luas? Seorang Psikolog klinis dan juga HR Consultant, Kak Haya Serena yang dikenal juga dikenal juga dengan kak Rena, mengatakan bahwa pencarian passion adalah pencarian seumur hidup. Artinya kamu tidak perlu khawatir jika kamu memang masih bingung akan minat kerja kamu. Merubah minat adalah hal yang wajar karena seiring berjalannya waktu, kamu akan mendapatkan pengalaman dan exposure mengenai hal-hal yang baru. Selain itu, apapun minat kamu, dalam perkerjaan pasti akan ada hal yang tidak enak atau membuat kamu tidak nyaman. Karena itu, kamu tidak perlu berkecil hati jika kamu memang masih bingung.

Jika minat kamu memang luas, kamu punya banyak kesempatan untuk menelusuri minat-minat tersebut. Kamu tidak perlu takut untuk mencoba. Yang pasti, kamu akan mendapatkan pembelajaran dari pengalan di saat kamu mencoba. Yuk, cari tahu minat kerja kamu! Berikut ini beberapa hal yang bisa membantu kamu dalam mencari minat kerja:

1. Psikotes

Ada berbagai bentuk psikotes yang bisa kamu lakukan di luar sana. Ini bisa berguna untuk melihat hal-hal yang kamu suka secara umum seperti lingkungan seperti apa yang kamu suka dalam bekerja, atau jika kamu senang bekerja di dalam tim. Menurut Kak Rena, ini masih bisa dilengkapi dengan cara lain yaitu dengan melakukan eksporasi minat kerja.

2. Eksplorasi

Kamu bisa melakukan eksplorasi minat kamu dengan menambah referensi pekerjaan. Cara menambah referensi pekerjaan adalah dengan memperluas pertemanan. Saat kamu bertemu orang baru, kamu akan mendapatkan exposure akan berbagai macam bidang pekerjaan yang mereka jalani. Selain itu, kamu juga bisa memperluas wawasan kamu dengan mencari referensi lain di internet.

3. Eliminasi Hal yang Tidak Kamu Suka

Kamu akan lebih mudah mengetahui minat kerja dengan melakukan eliminasi bidang atau hal yang tidak kamu suka. Contohnya, jika kamu tidak suka matematika, kamu sebaiknya mengerti bahwa kamu tidak akan bisa bekerja secara maksimal di pekerjaan yang menekankan penggunaaan matematika.

4. Think Out of The Box

Kak Rena menyarankan agar kamu tidak mengkotak-kotakkan pemilihan karier. Seiring perubahan zaman, bentuk pekerjaan akan berubah. Bentuk pekerjaan yang bahkan tidak terpikirkan 10 tahun yang lalu bisa saja muncul. Jadi jangan ragu untuk berinovasi jika kamu mempunyai minat yang positif. Kamu bisa berkreasi lebih lagi dengan minat kamu. Selain itu minat kamu juga tidak harus dijadikan pekerjaan utama. Jika minat kamu tidak bisa menghasilkan uang, kamu tetap bisa melakukannya untuk menghilangkan jenuh.

Yuk, ketahui minat kamu! Untuk informasi lebih lagi, yuk cek YouTube channel Klob. Jangan lupa, jika kamu ingin mengetahui minat kerja kamu, Klob.id dapat membantu dengan tes psikometri yang telah disediakan. Good luck Kobbers!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.