Blog post

Tampilkan Kualitas Dirimu dalam 3 Menit

11/07/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Apakah kamu suka tampil di depan orang? Atau kamu sering memberikan presentasi? Kamu harus tahu bahwa tiga menit adalah waktu dimana kamu bisa menunjukkan kualitas diri kamu. Mengapa begitu? Tiga menit adalah waktu dimana kita bisa menyerap informasi secara maksimal. Ini dikatakan oleh Kak Shahnaz Soehartono, seorang Public Speaker, pembawa acara TV, dan penulis. Menurut Kak Shahnaz, tiga menit adalah waktu yang cukup karena ini bukanlah waktu yang singkat ataupun panjang untuk memberikan kesan pertama. Jadi gunakan waktu ini semaksimal mungkin untuk memberikan kesan yang baik ya Klobbers! Dalam dunia kerja, ini bisa diterapkan dalam situasi seperti interview, presentasi, bahkan sosialisasi. Jika kamu berhasil, perkenalan kamu akan membuat orang senang dan ingin tahu lebih lagi tentang diri kamu. Berikut ini adalah hal yang harus kamu perhatikan dalam menampilkan kualitas kamu:

1. Tampilkan Sisi Artikulatif Kamu

Untuk bisa memberikan kesan yang baik, kita harus bisa menampilkan sisi artikulatif kita. Artinya ada beberapa hal yang harus kamu tunjukkan saat berinteraksi:

Tunjukkan rasa ingin tahu. Rasa ketertarikan dengan lawan bicara adalah hal yang penting karena pada umumnya orang akan senang jika ada yang tertarik dengan diri mereka.

Tunjukkan keramahan. Keramahan pada diri kamu akan membuat orang lebih nyaman. Tidak ada orang yang mau berbicara dengan orang yang tidak ramah.

Tunjukkan kerendahan hati. Kamu tidak perlu melebih-lebihkan diri kamu. Bicara apa adanya dan berusaha untuk selalu fokus kepada inti pembicaraan.

Tunjukkan antusiasme. Jika kamu antusias, kamu akan terlihat menyenangkan kepada orang-orang sekitar kamu. Ini akan meningkatkan daya tarik kamu.

2. Tetap Menjadi Diri Sendiri (Autentik)

Menurut Kak Shahnaz, menjadi autentik adalah sesuatu yang bisa dilatih. Cara melatihnya adalah dengan berinteraksi lebih lagi dengan orang lain. Namun, kunci untuk menjadi seseorang yang autentik adalah kejujuran. Authenticity diri kamu terlatih saat kamu terbiasa mengeluarkan isi hati kamu. Di saat kamu bisa jujur, kelebihan kamu akan terlihat dengan sendirinya tanpa harus dilebih-lebihkan.

3. Selalu Berusaha Untuk Memberi Energi Positif

Pasti ada saat-saat dimana kita akan merasa susah untuk berinteraksi dengan orang lain. Jangan khawatir Klobbers, ini adalah hal yang biasa. Kak Shahnaz menyarankan kamu untuk menjadi persuasif tanpa memaksa. Paling tidak, yang bisa kamu lakukan adalah berusaha memberikan energi positif.

Semoga ini bisa membantu kamu untuk menunjukkan kualitas kamu dalam tiga menit pertama. Ingat, penerapan ini tidak hanya untuk dunia pekerjaan. Ini bisa kamu terapkan untuk memberi kesan yang baik saat kamu berinteraksi dengan siapapun. Untuk informasi lebih lanjut, yuk cek halaman YouTube Klob. Goodluck ya Klobbers!

Comments (3)

  • Anton..

    18/07/2019 at 5:42 pm

    Sangat menginspirasi

    1. Sakbanapriadi

      19/07/2019 at 10:14 pm

      Ya saya setu Dan saya sangat menyukai kriteria d tersebut

  • Modi (INTENSIP)

    25/07/2019 at 12:06 pm

    Thank you so much, Kak Inez. Charming banget, Kak.
    Tayangan ini sangat helpfull untuk kita paham “kunci sukses” bagaimana cara menjadi sosok yang Asyik, seperti Kak Inez.
    Salam terhangat.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.