Blog post

Persiapan Interview

23/05/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers! 

Kak Sam memberikan analogi bagaimana proses interview itu identik dengan proses pendekatan kepada pasangan. Ada beberapa hal yang sama saat kamu mendekati pasangan dan juga saat kamu mempersiapkan interview. Contohnya, saat kamu melakukan pendekatan, kamu pastinya memperisapkan diri dengan mencoba mencari jadwal yang tepat atau mencari pakaian yang pantas untuk bertemu. Atau buat yang stalker, biasanya akan mencari profil media social dari orang yang disukai. Ayo ngaku! Kalau kamu mau bertemu dengan pasangan tanpa persiapan, pasangan kamu akan menyadari kalau kamu tidak siap. Pasangan kamu akan menilai bahwa kamu tidak tertarik dengan dirinya.

Apakah kamu pernah interview kerja? Gimana perasaan kamu sebelum dan saat kmu di interview? Deg-degan nggak? Nah, Kak Samuel P. Amarta yang dikenal juga sebagai Kak Sam, yang memiliki banyak pengalaman dalam bidang organizational dan people development, mengatakan bahwa persiapan interview itu sangat penting karena banyak dari kita yang akan gugup dalam proses interview itu artinya kita belum siap.

Jika kamu tidak mempersiapkan diri untuk interview, perusahaan bisa menilai bahwa kamu tidak terlalu tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Seperti kata Kak Sam, “your preparation shows your interest” atau kesiapan kamu menunjukan minat kamu.

Ada beberapa petunjuk yang diberikan Kak Sam untuk persiapan interview. Yuk kita simak berikut ini biar kamu lebih siap saat interview.

1. Ingat Semua Pengalaman

Menurut Kak Sam, ada satu cara yang jarang dibahas sebagai salah satu bentuk persiapan interview. Cara itu adalah mengingat semua pengalaman kamu yang pernah kamu alami selama ini. Setelah itu kamu introspeksi pembelajaran apa yang kamu dapatkan dari setiap pengalaman kamu. Bukan hanya pengalam kerja Klobbers, ini bisa pengalaman apa saja! Contohnya kamu pernah punya pengalaman tinggal di desa terpencil selama 6 bulan. Kamu bisa menceritakan apa yang kamu pelajari dari pengalaman tersebut.

2. Pastikan Mindset Kamu Benar

Tujuan kita interview adalah bukan untuk meyakinkan HRD, melainkan untuk menunjukan potensi apa yang kita miliki dan mencari tahu apakah perusahaan ini cocok dengan kita atau tidak. Jika kamu datang ke interview dengan mindset untuk mengikuti kemauan HRD, kamu belum tentu mengetahui apakah pekerjaan/perusahaan ini cocok dengan kamu. Mindset ini akan memicu kita untuk menceritakan hal-hal yang diinginkan oleh HRD, tetapi bukan menunjukkan diri kita yang sebenarnya. Jangan sampai kamu berpura-pura menyukai bidang tertentu hanya untuk mengesankan HRD.

3. Jangan Takut Bertanya Saat Interview

Apakah kamu tahu mengapa kamu harus banyak bertanya dalam interview? Walaupun kamu adalah orang yang diwawancara, ini adalah waktu dimana kamu bisa mengenal perusahaan seperti masa PDKT. Gunakan kesempatan saat interview kerja untuk mengenal perusahaan. Kamu bisa mempertanyakan apa yang menjadi value perusahaan, siapa yang akan menjadi bos kamu, dan bagaimana perusahaan mengembangkan karyawan. Ini adalah hal-hal yang akan mempengaruhi kecocokan kamu dengan perusahaan. Karena itu adalah faktor yang akan mempengaruhi kamu saat kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kak Sam percaya bahwa kamu akan bekerja lebih maksimal dan bahagia di suatu perusahaan jika misi dari perusahaan dan misi personal kamu klob.

4. Jangan Kecil Hati Jika Kamu Tidak Mendapatkan Pekerjaan yang Kamu Lamar

Sekali lagi, tujuan kamu mencari pekerjaan adalah bukan hanya untuk mendapat sembarang pekerjaan, tetapi mendapatkan pekerjaan yang cocok. Jadi, kalau kamu ditolak oleh perusahaan, jangan kecil hati Klobbers! Jangan sampai kamu menilai diri kamu rendah. Kamu akan bekerja lebih maksimal jika perusahaan, mimpi kamu, dan skill kamu sangat cocok satu sama lain. Jadi, kalau kamu ditolak, mungkin pekerjaan itu memang tidak cocok dengan kamu. Nah, buat kamu yang sudah sering di tolak, kamu perlu pelajari apa yang kamu bisa perbaiki dengan cara menulis kembali semua pengalaman kamu dan pembelajaran yang bisa kamu ambil dari situ seperti di petunjuk yang pertama.

Gimana Klobbers? Sudah siap untuk di interview? Untuk kamu yang mau mempelajari lebih lanjut tentang apa yang harus kamu persiapkan saat interview, kunjungi aja Klob.id!

 

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published.