Blog post

Tips Menjalankan Bisnis Keluarga

22/05/2019Karel Adiwardoyo

Hi Klobbers!

Tahukah kamu bahwa beberapa bisnis terbesar di Indonesia seperti Sampoerna, PT Indofood Sukses Makmur, PT Djarum adalah bisnis keluarga? Banyak dari bisnis-bisnis ini dimulai dengan awal yang sederhana, ada yang dimulai dari usaha rumahan, bahkan dengan pabrik produksi seadanya.

Meski begitu, seiring berjalannya waktu usaha yang tadinya sederhana menjelma menjadi perusahaan besar dengan sistem saham terbuka. Sukses, besar, dan berumur panjang sudah mereka capai. Hebat ya?

Jika tertarik berbisnis dengan keluarga, kamu tidak perlu takut untuk memulainya! Klob mendapat kesempatan untuk ngobrol bareng Reshwara Argya Radinal, atau biasa dipanggil Reshi, salah satu pemilik dari Arthayasa Stables & Country Club. Reshi yang terlibat dalam bisnis keluarga yang sudah berjalan selama 27 tahun ini, memiliki tips buat kamu yang ingin memulai bisnis keluarga. Jangan ragu untuk memulai.

1. Jangan ragu untuk memulai

Jika kamu memang mau memulai bisnis keluarga, jangan ragu untuk memulai. Persiapan yang dilakukan disemua jenis bisnis adalah sama, seperti membuat rencana bisnis, menyusun menejemen resiko, melakukan riset dan hal-hal lain yang bisa membantu kamu membuat keputusan.

2. Tegas dalam membuat keputusan

Di dalam bisnis, pasti ada perbedaan pendapat. Namanya juga keluarga, pasti akan ada masukan atau saran bagaimana kamu menjalankan bisnis. Sebaiknya kamu bisa memilah dalam masukan yang diterima. Jika kamu rasa keputusan kamu adalah yang terbaik, sebaiknya kamu tunjukan ketegasanmu dengan memberikan alasan yang kuat agar bisa dimengerti oleh orang lain.

3. Bisnis tetaplah bisnis

Kamu mencintai keluarga kamu apa adanya, namun jangan biarkan kekurangan keluarga kamu di bisnis memepengaruhi hubungan kalian. Kamu harus bisa memisahkan waktu antara berbisnis dengan waktu berkeluarga. Entah itu bisnis keluarga, bisnis multinasional, atau yang lainnya, tetaplah berlaku profesional karena bisnis tetap bisnis.

Tips-tips ini bisa menjadi bekal kamu untuk menjalankan bisnis keluarga. Diingat baik-baik ya Klobbers, supaya kamu bisa semakin percaya diri untuk menjalankan bisnis keluaga. Jika ingin belajar lebih lanjut mengenai bisnis keluarga, yuk nonton video lengkap Klob bersama Reshi di sini!

Berikan Komentar

Your email address will not be published.