Potensi Industri Game di Indonesia

23/04/2019Nabilah Zullyan

Kamu pasti pernah melakukan suatu kegiatan dan berpikir “ini fun banget!”. Tahukah kamu bahwa fun adalah ciri khas utama dari sebuah permainan? Ivan Chen, founder ­Anantarupa Studios, setuju dengan ungkapan bahwa ‘manusia bermain’ yang dituliskan  oleh Johan Huizinga di karyanya Homo Ludens. Bermain adalah kultur dasar manusia yang lebih tua dari peradaban sendiri. Ini bisa dilihat dari contoh tingkah laku binatang. Tanpa diajari, mereka sudah bisa bermain dari kecil.

Ivan yang sudah terjun di industri game Indonesia sejak tahun 2011, memiliki tanggapan bahwa aspek-aspek kehidupan yang kita punya sekarang banyak yang diambil dari ciri-ciri permainan. Contohnya seperti peraturan, hukuman, reward, dan juga rangking. Dalam bahasa modern ini disebut juga dengan gamification. Ini adalah nilai-nilai yang kita telah hidupi secara sadar maupun tidak sadar.

Bisa disimpulkan bahwa bermain adalah sesuatu yang sangat intuitif dalam kehidupan manusia. Itulah sebabnya kita sangat suka dengan game.

Potensi Industri Game di Indonesia

Industri game di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Pernyataan ini didukung oleh Deputi Akses Permodalam Asosiasi Games Indonesia (AGI), Cipto Adiguno, yang mengatakan bahwa dari survei yang dilakukan pada 2017, tercatat bahwa nilai industri game Indonesia mencapai kisaran 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 11 triliun.

Dilihat dari perkembangannya, industri game di Indonesia setiap tahunnya meningkat 200% dan konsumen game di Indonesia sudah mencapai 40 juta orang di tahun 2013. Walaupun industri ini belum di kembangkan secara maksimal oleh pemerintah, namun sudah mulai bermunculan perusahaan game di Indonesia yang telah memproduksi berbagai macam game karya anak bangsa.

Menurut Ivan, pasar game di Indonesia adalah pasar yang masih belum di-explore. Karena itu pasar game di Indonesia masih terus berkembang. Ini bisa menjadi saat yang tepat untuk kamu berpartisipasi ke dalam Industri game. Jika kamu tertarik dengan dunia game kamu bisa melihat video full interview Klob dengan Ivan Chen hanya di Klob atau di link ini.

Berikan Komentar

Your email address will not be published.